Kilas Balik Inovasi Smartphone Sepanjang 2019

Jakarta, Selular.ID – Setiap tahun flagship baru datang menawarkan inovasi terkini. Tidak terkecuali, smartphone premium keluaran 2019 semuanya luar biasa.

Mereka adalah perangkat super powerful dengan layar indah, konektivitas internet cepat, kamera luar biasa, kemampuan dompet digital, dan keamanan biometrik mumpuni.

Melihat kilas balik inovasi smartphone sepanjang 2019, berikut adalah 5 hal utama yang terjadi:

1. Ponsel lipat

Di awal tahun, peluncuran ponsel lipat tidak terlalu mulus, tetapi mereka sekarang sudah edar di pasaran. Di Indonesia, baru ada Samsung Galaxy Fold, di China ada Huawei Mate X, dan segera edar Motorola Razr di AS.

Dan ya, mereka sangat mahal. Galaxy Fold dibanderol resmi Rp30.888.000.

Ponsel lipat di tahun mendatang diprediksi akan lebih masal lagi. Dan semoga, harganya juga akan lebih ‘manusiawi’.

2. Hadware powerful

Chipset Apple telah memimpin pasar smartphone sejak awal kemunculannya. Tetapi Qualcomm mampu mengejar selama beberapa tahun terakhir. Snapdragon 855 sangat cepat menjadikan flagship Android kian mulus, tajam, dan nyaman digunakan.

Ditambah layar refresh rate yang semakin tinggi. Seperti pada Asus ROG Phone 2 yang mendukung refresh rate 120Hz dipadu panel AMOLED.

Ponsel gaming itu sudah edar di Indonesia seharga Rp8,5 juta (8/128) dan Rp12,5 juta (12/516).

3. Kamera lebih baik

Inovasi kamera smartphone tidak pernah melambat. Mereka kian bagus selama 3 tahun terakhir. Dimulai dari kolaborasi Nokia bersama Carl Zeiss kemudian Huawei bersama Leica untuk P series dan Mate series.

Tapi tahun ini, kita mendapatkan modul tiga kamera sebagai fitur utama. Mulai dari pembesaran optik gila-gilaan, lensa sudut ultra lebar, dan beberapa fotografi komputasi yang mengesankan. Semua kemampuan itu bisa ditemukan pada Oppo Reno 10x Zoom yang di Indonesia dibanderol Rp9 juta.

Tidak lupa peningkatan dalam mode malam kian menjadi hampir di semua pabrikan, terutama untuk iPhone Apple, yang (night mode) sempat vakum selama beberapa tahun terakhir.

4. Umur baterai lebih lama

Selama bertahun-tahun, pengguna berteriak “Berikan baterai besar!”. Beberapa vendor mengabulkannya, namun vendor lain lebih suka membuat ponsel mereka super-tipis dan super-ringan.

Pada tahun 2019, teknologi baterai cukup maju sehingga kita berhasil mendapatkan keduanya. Ponsel tidak terlalu bongsor, namun kapasitas baterai meningkat tajam.

Bahkan Apple, yang terkenal menggunakan baterai kecil, sekarang memiliki sel 4.000mAh di iPhone 11 Pro Max.

5. Akhir perang harga?

Jika Anda ingat, pada 2017 dan 2018 harga smartphone kelas atas terus melambung. Merasa ditekan, pelanggan melampiaskan ketidakpuasannya dengan menahan membeli ponsel baru.

Akhirnya produsen memperluas seri mereka dengan “flagship terjangkau”. Seperti Apple memiliki iPhone XR dan Samsung memiliki Galaxy S10e.

Pada tahun 2019 ini juga, Apple membalikkan situasinya sendiri dengan iPhone 11. Tidak hanya kembali ke harga awal, ponsel juga menyematkan kamera sekunder dengan lensa ultra-wide-angle yang trendi.

Di kancah global, ponsel memang laris manis dan setidaknya mampu menghentikan kenaikan harga yang telah terjadi selama 2 tahun terakhir.

The post Kilas Balik Inovasi Smartphone Sepanjang 2019 appeared first on Selular.ID.

Komentar