Manfaat Kacang Merah dalam Masakan dan Bagi Kesehatan

kacang merah

Penulis: Atsa

Kacang merah kaya akan nutrisi baik -terutama serat, rasanya manis, dan warnanya cukup cantik untuk memberikan variasi warna hidangan Anda. Beragam resep-resep Nusantara dari yang dingin hingga panas bisa dikreasikan dengan kacang merah.

Memang sudah terkenal sejak dahulu jika kacang merah merupakan sumber makanan kaya serat yang baik bagi tubuh. Namun, apakah Anda sudah tahu manfaat apa saja yang bisa dihasilkan oleh kacang merah? Inilah beberapa poin penting mengenai manfaat kacang merah yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: 5 Cara Memasak Kacang Merah agar Cepat Empuk

1. Menambah Nutrisi pada Hidangan

Banyak sekali hidangan yang dikreasikan dengan kacang merah. Mulai dari sop kacang merah, es kacang merah, hingga bakpao isi kacang merah.  Kacang merah memang sering menjadi pilihan karena kandungan nutrisinya. Kaya serat, vitamin, folat, kalsium, magnesium, dan kalium, ditambah rasa manis alami dari kacang merah membuatnya lezat saat diolah.

2. Memperkaya Tekstur Hidangan

Selain karena nutrisinya, kacang merah juga menjadi pilihan komposisi karena teksturnya. Tekstur kacang merah saat dimakan adalah lembut dan empuk khas biji-bijian yang direbus - seperti kacang hijau. Namun, tentu sedikit berbeda karena bentuk dan ukurannya juga berbeda. Teksturnya yang khas ini bahkan menambah kelezatan pada es serut, sajian sup, hingga bakpau.

3. Mencegah Sembelit 

Kacang merah kaya akan serat larut dan tidak larut, kedua jenis serat ini terbukti ampuh mengatasi masalah saluran cerna seperti susah BAB atau sembelit. Serat pada kacang merah sangat menyehatkan saluran cerna dan juga merangsang usus besar untuk mendorong kotoran dalam usus. Selain itu, serat memiliki banyak fungsi yang berguna bagi tubuh seperti mengenyangkan perut lebih lama sehingga menunda rasa lapar.

4. Menurunkan Kolestrol dan Menjaga Gula Darah

Kacang merah adalah sumber serat penurun kolesterol yang sangat baik, seperti kebanyakan kacang lainnya. Selain menurunkan kolesterol, kandungan serat kacang merah yang tinggi juga mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan, membuat kacang ini pilihan yang sangat baik untuk seseorang dengan diabetes, resistensi insulin atau hipoglikemia.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kontribusi kacang merah terhadap kesehatan jantung tidak hanya terletak pada seratnya, tetapi juga dalam jumlah yang signifikan dari folat dan magnesium yang terdapat pada kacang merah. Folat membantu menurunkan kadar homosistein, kadar homosistein yang tinggi dalam darah merupakan faktor penyebab serangan jantung, stroke, atau penyakit pembuluh darah perife. Magnesium dalam kacang merah membantu dalam melancarkan aliran darah, oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh sehingga menyehatkan jantung Anda.

6. Mencegah Terjadinya Kanker

Beberapa sayuran dan kacang-kacangan memainkan peran besar dalam hal mencegah kemungkinan kanker. Kacang merah menyediakan energi dan nutrisi yang cukup untuk mencegah terjadinya kanker karena menjadi sumber antioksidan yang baik, Selain itu kacang merah juga membantu dalam mengoptimalkan kesehatan, dan mengurangi risiko berbagai penyakit.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Es Kacang Merah Empuk dan Segar

The post Manfaat Kacang Merah dalam Masakan dan Bagi Kesehatan appeared first on ResepKoki.

Komentar