Xiaomi Bongkar Mi 9 Pro 5G, Seperti ini Jeroannya

Xiaomi belum lama ini telah merilis dua smartphone baru, Mi 9 Pro 5G dan Mi Mix Alpha. Ya! Keduanya baru dipasarkan di Cina dan Mi 9 Pro 5G akan jadi smartphone 5G termurah yang dijual di Negara Tirai bambu tersebut. Sekarang, Xiaomi baru saja berbagi foto mengenai Mi 9 Pro 5G yang sudah dibongkar alias dipreteli.

Dari sejumlah gambar yang dibagikan oleh Xiaomi, kita pun akhirnya bisa tahu, apa saja yang ada di dalam smartphone tersebut. Selain itu, kita juga bisa lebih paham, bagaimana sejumlah komponen yang ditancapkan ke dalam smartphone tersebut bisa bekerja dan saling bersinergi.

Saat panel bagian belakang smartphone tersebut dibuka, kalian bisa melihat bahwa ada chip khusus 30W untuk dukungan pengisian nirkabel serta area yang begitu luas untuk grafit pembuangan panas yang tertanam di motherboard. Tampaknya, Mi 9 Pro 5G juga disegel kedap udara berkat busa di tepi kamera.

Terkait dengan sensor kamera yang ditanam, ada sensor kamera utama 48 MP dari Sony. Ya! Kamera utama tersebut dikombinasikan dengan lensa portrait 12 MP dan lensa ultra-wide 16 MP. Di sisi depan, kita juga bisa melihat penempatan selfie-camera yang disokong fitur kecantikan berbasis AI.

Mi 9 Pro 5G hadir dengan motherboard dua lapis yang membawa baseband 5G dan chup RF yang baru diperkenalkan. Xiaomi juga telah menggunakan motor linier horizontal 10 x 10 x 3,5 yang menawarkan 10 ms untuk booting dan sensitifitas umpan balik yang begitu cepat ketika diklik.

Smartphone ini juga memiliki rongga suara 1,04cc yang menawarkan tingkat semburan kenyaringan maksimal dari perangkat tanpa memengaruhi kejernihan atau kualitas. Seperti yang kita tahu, Mi 9 Pro 5G ditenagai baterai berkapasitas 4.000 mAh, yang menutupi sebagian besar ruang internal dari smartphone.

Sementara untuk sistem pendinginan, Mi 9 Pro 5G telah memiliki plat peredam VC super besar yang dilengkapi dengan lima lapisan grafit, foil tembaga konduktivitas tinggi dan gel termal. Seperti yang ditegaskan oleh Xiaomi, dengan menggunakan sistem pendingin seperti ini, suhu di dalam smartphone bisa berkurang hingga 10,2 derajat.

Mi 9 Pro 5G adalah versi upgrade dari Mi 9 yang ditenagai Snapdragon 855 dan diumumkan pada Februari tahun ini. Muncul dilengkapi dengan layar beresolusi FullHD+, smartphone ini sudah memakai panel Super AMOLED dengan ukuran 6,4 inci dan punya aspek rasio 19,5:9. Selain itu, Mi 9 Pro 5G juga sudah dilengkapi in-display fingerprint.

Untuk dapur pacunya, Mi 9 Pro 5G datang dengan chipset Snapdragon 855+ yang memiliki clock speed 2,96 GHz. Tidak ketinggalan, di dalamnya juga sudah tertanam RAM sebesar 12 GB serta penyimpanan internal 512 GB, tanpa dukungan slot microSD.

Sisi belakang smartphone ini sudah bercokol pengaturan tiga kamera dengan lensa utama 48 MP (Sony IMX586), lensa telefoto 12 MP dan lensa ultra-wide 16 MP. Sementara, untuk kebutuhan video call dan memanjakan mereka yang suka narsis, ada kamera depan 20 MP.

Mi 9 Pro 5G sudah berjalan dengan MIUI 11 berbasiskan Android 9 Pie. Perangkat ini sudah memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh yang dilengkapi beberapa fitur menarik, seperti pengisian daya cepat via kabel dengan kecepatan 40W, pengisian daya nirkabel dengan kecepatan 30W dan reverse charging 10W.

Komentar