Tiga Operator Besar China Resmi Meluncurkan 5G

Jakarta, Selular.ID – Tiga operator selular utama China secara resmi meluncurkan layanan 5G di 50 bagian kota, mengklaim peluncuran terbesar di dunia hanya enam bulan setelah pemerintah mengeluarkan lisensi. Peluncuran pada 31 Oktober 2019 itu, sesuai dengan target yang ditetapkan oleh pemerintah China.

Ketiga operasi tersebut mengerahkan sekitar 86.000 BTS 5G dan diperkirakan akan memiliki lebih dari 130.000 pada akhir tahun.

Pemimpin pasar China Mobile akan memasang 50.000 situs pada akhir Desember, sementara China Unicom dan China Telecom masing-masing menargetkan sekitar 40.000.

Saat ini China Unicom mengklaim cakupan 5G di mana-mana di 14 kota dengan 28.000 BTS.

Ketiga operator mengumumkan paket serupa dengan tingkatan kecepatan yang berbeda. Pengguna tanpa perangkat 5G masih dapat berlangganan paket 5G untuk memanfaatkan tunjangan data yang lebih besar.

China Mobile, misalnya, menawarkan lima paket dengan dua tingkatan kecepatan: batas kecepatan 500Mb/s dan 1Gb/s. Harga bulanan berkisar dari CYN128 ($ 18,10) untuk 30GB (tingkat rendah) hingga CNY598 untuk 300GB (tingkat tinggi).

Paket ini memberikan diskon 30 persen untuk pelanggan yang sudah ada, yang telah berlangganan selama tiga hingga lima tahun. Perusahaan mengatakan sudah mendaftarkan 10 juta pelanggan ke paket 5G.

China Unicom, operator terbesar ketiga di negara itu, mengklaim cakupan di mana-mana di 14 kota, dengan rencana untuk memiliki layanan di 40 kota pada akhir tahun ini.

Chen Zhaoxiong, wakil menteri Industri dan Teknologi Informasi, memulai peluncuran dengan perwakilan dari tiga operator di PT Expo China di Beijing.

Kepala Riset GSMA Intelligence, Tim Hatt, memuji langkah ini sebagai “momen penting” bagi industri.

“China akan memiliki 36 persen basis pelanggan selulernya pada 5G pada tahun 2025. Karena populasi yang besar ini berarti 600 juta pelanggan – kira-kira 40 persen dari seluruh pasar 5G global pada saat itu”, ujar Tim Hatt.

Menurut Hatt, peluncuran 5G ini menunjukkan, China telah bertindak sebagai kekuatan gravitasi yang meningkat untuk ekosistem pendukung domestik dari produsen handset, pembuat chip, pemasok peralatan jaringan, dan produsen konten yang mengurangi ketergantungan pada perusahaan asing.

Hatt juga menunjukkan dampak penyebaran itu terhadap ambisi global China.

“5G adalah bagian dari rangkaian teknologi canggih yang lebih luas – termasuk AI, pembelajaran mesin, dan komputasi tepi – yang telah menjadi pengungkit strategis penting dalam transformasi menuju ekonomi digital, baik yang berbasis manufaktur atau berbasis layanan,” katanya.

Dengan 5G, China mempertaruhkan klaimnya untuk berada di garis depan transisi ini selama 10 tahun ke depan, memerintah pengaruh ekonomi dan geopolitik, imbuh Tim Hatt.

The post Tiga Operator Besar China Resmi Meluncurkan 5G appeared first on Selular.ID.

Komentar